Selasa, 20 Desember 2011

Nabire

Pukul 13.00 WIT, Pesawat Cessna yang bermuatan 10 orang meninggalkan Bandara Frans Kaiseipo, Biak menuju Nabire. Dalam perjalanan kami melihat Teluk Cendrawasih yang merupakan kawasan konservasi di bawah Balai Besar BKSDA TN Teluk Cendrawasih, Manokwari. Gugusan pulau-pulau kecil menambah keindahan leher pulau Cendrawasih ini dari atas.
Satu jam kemudian kami sudah tiba di Bandara Nabire, bandara tersebut sepi karena tidak setiap hari ada penerbangan dan hanya hari-hari tertentu saja. Menggunakan mobil carteran dari bandara, kami mencari penginapan yang akan kami tinggali dan meletakkan barang bawaan kami. Setelah berputar-putar dari hotel ke hotel, semua hotel di Nabire penuh. Setiap hotel sudah dipesan dari jauh-jauh hari, dan kami tidak  mendapatkan hotel untuk bermalam. Selanjutnya setelah tidak mendapatkan hotel, kami mencari tempat makan karena dari Biak kami belum makan.
Usai makan, kami mengesampingkan masalah hotel dan membahas rencana yang akan kami lakukan di Nabire. Setelah berbincang-bincang, akhirnya kami mendapatkan kontak Om Bram, yang tak lain adalah pengelola dari Kali Lemon Resort dari Om Cahyo Alkantana untuk menuju Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Ini merupakan awal dari perjumpaan kami dengan Whale Shark, dari sinilah perjumpaan ini akan dimulai.
Selesai makan kami menuju kediaman Om Bram yang tak begitu jauh dari tempat kami makan. Sesampainya di rumah Om Bram, kami disambut oleh Om Bram dan kami menjelaskan mengenai maksud kedatangan kami di Nabire. Lalu kami juga bertemu dengan Mas Rudy “Bengong“ yang mengoperasikan Kali Lemon Resort. Disitu kami memaparkan visi dan misi dari Aku Cinta Indonesia detik.com yang ingin mengangkat pariwisata Indonesia.
Malam itu kami diundang oleh Pak Muis, salah satu diver senior yang akan menuju TN Teluk Cendrawasih bersama Putri, salah satu diver juga. Kami juga bertemu dengan tim Dunia Air, Trans 7 yang juga menuju ke tempat yang sama. Malam itu kami semua makan malam bersama dan kami secara khusus juga menjelaskan maksud kedatangan kami ke Nabire kepada Pak Muis dan beliau tertarik dengan Aku Cinta Indonesia.
Esok harinya, kami harus mengurus perijinan untuk memasuki TN Teluk Cendrawasih di Balai BKSDA Nabire. Sambil menunggu ijin turun, kami menyempatkan diri untuk membeli kebutuhan yang kami butuhkan disana.
Dan Perjalanan kami akan di mulai dari sini, bakudapa dengan whale Shark !