Selasa, 20 Desember 2011

Keindahan Pantai Bosnik


Selain wisata sejarah, Biak memiliki pesona alam yang memikat. Tujuan kami selanjutnya adalah Pantai Bosnik, pantai yang berada di sisi timur Pulau Biak. Dengan menggunakan angkot yang kami carter dari Kota Biak, kami menempuh perjalanan menuju Bosnik. Terdapat berbagai macam kontur geografis yang bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata olahraga panjat tebing di kanan kiri jalan menuju Bosnik. Terdapat pula sungai yang mengalir dari dalam gunung karst, mirip seperti di daerah pesisir selatan Jawa.  
Dari kejauhan, pantai Bosnik terlihat landai memanjang namun langsung turun ke bawah menuju laut dalam. Di depan pantainya terdapat pulau-pulau kecil, terlihat banyak kapal kecil berlalu-lalang dari pasar. Dulunya Bosnik merupakan daerah yang menakutkan bagi warga Biak. Namun seiring berjalannya waktu, Bosnik menjadi ramai dan pantainya selalu ramai dikunjungi apalagi setiap akhir minggu.
Di pantai itu terdapat beberapa gazebo kecil yang dikelola oleh warga Bosnik. Ada juga penyewaan ban untuk bermain di pantai. Jika ingin mencoba snorkeling harus menuju dekat celah laut dalam namun arusnya terlalu deras. Hal ini sangat tidak disarankan karena berbahaya. Pantai ini lebih asyik dinikmati dengan bermain air, berenang atau bermain bola air.
Bila sudah bosan bermain air, Anda bisa menikmati es kelapa muda susu sirup. Cukup dengan memesan dari warga yang kita tempati gazebonya. Sirup coco pandan dan susu kental manis menjadi pelengkap dari kelapa muda yang mereka ambil langsung dari pohon kelapa.
Keindahan Bosnik akan sangat kental terasa jika matahari mulai tenggelam di sisi barat. Secara perlahan matahari tenggelam di lautan, cahaya keemasan berpendar di horizon. Anak-anak kecil masih bermain bola, tampak tak acuh dengan matahari yang hilang. Tanggul penahan abrasi mulai terbangun karena air pasang laut, tampak potongan kayu mulai tenggelam.
Itulah cerita tentang keindahan Bosnik, yang menyibak kebesaran dari Bumi Pertiwi Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar