Selasa, 15 Maret 2011

Dari Lombok ke Sumbawa


Keterangan : garis yang berwarna merah adalah rute yang kami lalui di Pulau Lombok

Setelah cukup berjalan di Pulau Lombok, kami melanjutkan perjalanan menuju Pulau Sumbawa. Salah satu bagian provinsi NTB yang menurut bapak-bapak yang bekerja di Tourist Information Disbudpar Provinsi NTB, penduduknya lebih sedikit dari Pulau Lombok. 
Note : kalau ingin mandi, mengais peta, dan mendapat informasi gratis bisa ke Disbudpar ( orangnya ramah-ramah )
Memulai perjalanan dari Mataram - Cakranegara - Narmada - Masbagik - Aikmel - Labuhan Lombok - Kayangan . Perjalanan yang sangat panjang sekitar 4 jam menggunakan motor, namun kondisi jalan sangat mulus dan lebar. Tidak perlu khawatir kehabisan bensin dan makanan, banyak terdapat pompa bensin, toko swalayan, rumah penduduk ( cukup padat di sepanjang jalan ). Di daerah Masbagik dapat melihat Gunung Rinjani, dan kota tersebut cukup besar di daerah timur Pulau Lombok.
Mendekati Pelabuhan Kayangan jalanan menuju pelabuhan yang cukup turun namun menghadirkan pemandangan yang sangat indah. Sangat terlihat jelas suasana pelabuhan, banyak kapal-kapal nelayan dan beberapa kapal besar. Bentuk pelabuhan yang memanjang dan jalanan dekat pelabuhan yang banyak pasir di sampingnya. 
Sebelum masuk pelabuhan ada pemeriksaan surat-surat kendaraan seperti biasanya, dan tarif ferry menyeberangi Selat Alas sebesar Rp 32.000,00 / motor. Fasilitas Ferry lumayan walau sebenarnya merupakan kapal bekas dari Jepang, dan pelayanan penyeberangan 24 jam. Suasana pelabuhan tidak seramai Jawa-Bali ataupun Bali-Lombok, lebih sepi namun cukup padat penyeberangan di Selat Alas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar